Brand Logo

Loading

Get an exclusive discount coupon with min. transaction Rp 150,000 (T&Cs apply) ×
Source: mybest Indonesia
Full Article: https://my-best.id/11777

 

Beauty Soap Red Box menjadi pilihan pertama sebagai sabun batangan terbaik tahun 2021 oleh mybest Indonesia. Simak artikelnya di bawah ini, ada tips memilih sabun batangan lho! Artikel lengkap silahkan kunjungi link di atas ya.

 

Sabun batangan tidak hanya digunakan untuk mencuci tangan, tetapi juga dapat Anda gunakan sebagai sabun mandi. Kandungan yang bervariasi dalam produk sabun batangan terkadang membuat Anda bingung dalam memilihnya. Jadi, bagaimanakah cara memilih sabun batangan yang terbaik?

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih sabun batangan yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh. Kami pun akan memberikan sepuluh rekomendasi sabun batangan terbaik dari berbagai merek, seperti Lux, Dove, Dettol, dan sebagainya. Selamat membaca!

Cara memilih sabun batangan

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih sabun batangan. Pilihlah sabun batangan dengan kandungan dan formula yang paling sesuai dengan kulit Anda. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pilihlah kandungan yang sesuai dengan jenis kulit

Sabun batangan memiliki kandungan yang bervariasi pada setiap produknya. Karena itu, sebelum Anda memilih sabun batangan, pahamilah terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Kemudian, sesuaikanlah dengan jenis kulit Anda.

Untuk kulit kering, pilihlah sabun yang mengandung pelembap

Untuk kulit kering, pilihlah sabun yang mengandung pelembap

 

Untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering, kami menganjurkan Anda untuk memilih sabun yang transparan. Sabun transparan biasanya mengandung glycerin yang merupakan bahan pelembap kulit. Setelah pembilasan sekalipun, tingkat kelembapan kulit akan tetap terjaga. Selain itu, kandungan di dalam glycerin yaitu gypsum juga tidak akan menghilangkan banyak sebum dari kulit Anda.

Di samping itu, kami juga menyarankan Anda menggunakan sabun yang mengandung asam oleat. Asam oleat ini banyak ditemukan pada olive oil (minyak zaitun) dan camellia oil (minyak bunga camellia) yang karakteristiknya mirip asam lemak pada kulit manusia. Asam oleat berfungsi untuk mengangkat kotoran sekaligus melembapkan kulit. Biasanya, sabun untuk kulit kering kerap mengandung bahan-bahan tersebut jadi periksalah dengan saksama.

Untuk kulit berminyak, pilihlah sabun dengan kandungan detergen tinggi

Untuk kulit berminyak, pilihlah sabun dengan kandungan detergen tinggi

 

Untuk Anda yang memiliki kulit normal atau berminyak, sebaiknya Anda memilih sabun yang berwarna kusam atau butek. Sabun tipe ini dibuat dari bahan dasar minyak dan mengandung lebih sedikit bahan pelembap seperti glycerin. Hasilnya, sabun ini memiliki kandungan detergen lebih tinggi dibandingkan sabun transparan. Karena itu, sabun ini mampu membersihkan kulit dengan lebih baik. Sabun ini cocok untuk pemilik kulit berminyak yang ingin membersihkan sebum dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Asam lemak seperti stearic acid dan palmitic acid yang terkandung dalam lemak sapi dan lemak sawit juga bagus untuk menghilangkan sebum. Maka dari itu, kami juga menyarankan Anda untuk membeli sabun yang mengandung lemak sapi atau minyak sawit.

Untuk kulit sensitif, pilihlah sabun bebas zat aditif atau yang tidak menyebabkan iritasi

Untuk kulit sensitif, pilihlah sabun bebas zat aditif atau yang tidak menyebabkan iritasi
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pakailah sabun khusus untuk kulit kering. Apabila memungkinkan, sebaiknya Anda memilih sabun yang tidak mengandung antibakteri atau zat aditif. Sabun antiseptik atau medicated juga tidak cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif karena biasanya mengandung stimulus kuat seperti bakterisida. Selain itu, hindari juga memilih sabun dengan kandungan yang dapat mencegah munculnya busa atau buih sabun. Hal ini karena bahan tersebut dapat mengiritasi kulit Anda.

Pilihlah tipe sabun yang sesuai dengan kebutuhan

Secara umum, sabun batangan dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan kandungannya. Pilihlah tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sabun alami: Tanpa zat aditif, 98% sabun, dan aman untuk kulit sensitif

Sabun alami: Tanpa zat aditif, 98% sabun, dan aman untuk kulit sensitif

 

Pada sabun alami, sebanyak 98% atau lebih kandungannya adalah sabun. Tipe ini dikenal juga sebagai sabun tanpa zat aditif. Tipe ini bisa dibilang juga termasuk sabun yang paling aman untuk kulit karena tidak mengandung bahan sintetik. Kadar sabunnya mencapai 98%, sedangkan sisa 2% kandungannya merupakan lemak atau minyak yang terbentuk saat proses pembuatan, bukan zat aditif. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sebisa mungkin pilihlah sabun alami.

Sabun toilet: Kandungan sabun 93% atau lebih, aman dipakai mencuci muka

Sabun toilet: Kandungan sabun 93% atau lebih, aman dipakai mencuci muka

 

Sabun toilet, atau lebih dikenal dengan sabun pembersih muka, memiliki kandungan sabun lebih dari 93%. Sisanya sebesar 7% mengandung zat aditif, tetapi tidak selalu mengiritasi kulit sebab ada kemungkinan bahannya terbuat dari bahan alami. Namun, tidak bisa dipungkiri ada banyak dari tipe ini yang mengandung bahan sintetis. Jika Anda ingin membersihkan muka dengan sabun jenis ini, sebisa mungkin pilihlah sabun yang tidak mengandung bahan sintetis.

Sabun kesehatan: Tergolong sabun obat khusus, untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya

Sabun kesehatan: Tergolong sabun obat khusus, untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya
Sabun kesehatan adalah sabun dengan kandungan bahan-bahan obat yang sudah tertera pada BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Contoh paling umumnya adalah sabun anti-acne yang mengandung bahan-bahan yang bisa menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat. Sabun jenis ini masuk juga ke dalam golongan sabun obat atau berlabel medicated. Jika Anda ingin mengatasi jerawat di wajah dan tubuh Anda, gunakanlah sabun jenis ini daripada sabun alami atau sabun toilet.

Untuk membersihkan muka, pilihlah sabun kosmetik dengan kandungan bahan sintetis

Untuk membersihkan muka, pilihlah sabun kosmetik dengan kandungan bahan sintetis

Sabun yang khusus digunakan untuk kosmetik wajib mencantumkan setiap bahan-bahan sintetis yang terkandung di dalamnya. Saat Anda memeriksa daftar kandungan, semua bahan yang tertera adalah bahan yang dibutuhkan untuk membuat sabun kosmetik.

Namun, beberapa sabun tidak disebutkan apakah mengandung bahan sintetis dan digolongkan ke dalam sabun jenis lain di luar kosmetik. Saat hendak memilih sabun untuk membersihkan wajah, hindari memilih sabun yang masuk ke dalam golongan sabun lain ini. Pastikan Anda memilih sabun khusus kosmetik.

Periksalah metode pembuatan sabun dan kemudahan menyimpannya

Periksalah metode pembuatan sabun dan kemudahan menyimpannya
Berdasarkan metode pembuatannya, sabun batangan memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda. Secara umum, sabun dibuat dengan metode saponifikasi, netralisasi, dan pengadonan. Metode saponifikasi, secara lebih detail lagi menggunakan metode salting-out yang dapat membuat sabun dengan tingkat kemurnian tinggi. Ada juga metode pembakaran dan metode pendinginan yang membuat kadar detergen dan kelembapan dari sabun dapat diatur dengan mudah.

Metode netralisasi juga salah satu cara pembuatan sabun yang memudahkan pengaturan kadar busa dan detergen dalam sabun. Di samping itu, terdapat cara pembuatan sabun dengan pengadonan. Cara ini dibagi menjadi dua metode. Pertama, metode framing yang bisa membuat sabun sulit meleleh dan sulit patah. Kedua, metode pengadonan secara mekanis untuk membuat tampilan sabun lebih cantik.

Jadi, apabila Anda menginginkan sabun dengan tingkat kemurnian tinggi, pilihlah sabun yang diproses dengan metode salting out. Di sisi lain, Anda bisa memilih metode pembakaran, pendinginan, dan netralisasi jika mencari sabun dengan kadar busa dan detergen yang baik. Kemudian, metode framing cocok untuk Anda yang mencari sabun dengan kemampuan melembapkan. Terakhir, sabun yang dibuat dengan metode mekanis lebih unggul dalam hal harga. Tipe ini cocok untuk Anda gunakan setiap hari tanpa khawatir.

Namun, sayangnya sabun-sabun batangan yang beredar di Indonesia cukup jarang yang menuliskan informasi mengenai metode pembuatan sabunnya. Karena itu, Anda dapat lebih berfokus pada kandungan dan manfaat masing-masing produk yang tertera pada kemasan. Lalu, pilihlah sabun yang mudah disimpan dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Other Posts

You might also like to read these similar articles