Tips Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Para Ibu Muda

Rasa bahagia dialami oleh siapa pun ketika menyambut bayi mereka. Apa lagi jika itu bayi pertama. Namun, rasa khawatir terkadang muncul saat mengingat perawatan bayi. Merawat bayi tentunya harus dilakukan secara hati-hati karena bayi sangat sensitif. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan saat merawat bayi.

Berikut tips perawatan bayi baru lahir untuk kamu yang masih pemula.

Jaga Kebersihan Setiap akan Memegang Bayi

Bayi yang baru lahir sangat sensitif, begitu juga kulitnya. Hal pertama dalam perawatan bayi 1 bulan yang perlu diperhatikan adalah dengan menjaga kebersihan setiap kali akan memegang bayi. Kulit bayi yang sensitif serta daya tahan tubuh yang lemah akan membuatnya lebih rentan terkena masalah kesehatan. Belum lagi jika bayi suka menggigit tangannya. Agar mereka terhindar dari serangan kuman dan bakteri, maka sebaiknya kamu mencuci tangan setiap kali akan memegangnya.

Saat akan Memandikan Bayi

Aktivitas yang satu ini cukup sulit dilakukan bagi para pemula. Apa lagi jika bayi masih memiliki tali pusat. https://kbbi.web.id/tali Jika kondisinya seperti ini, tak perlu mencelupkannya dalam air. Cukup mengelap seluruh permukaan tubuh dengan  washlap yang sudah dibasahi air. Jangan lupa untuk memilih produk perawatan bayi yang aman untuk kulit bayi sensitif, seperti QP Baby Moist Foaming Body Soap. Sabun ini aman digunakan karena mengandung asam amino yang mampu menutrisi kulit bayi.  Selain itu, tekstur busanya yang halus mampu membersihkan kulit bayi dengan lembut.

Mengganti Popok

Ketika mengganti popok, jangan lupa memastikan bahwa kondisi kulitnya tidak terlalu lembap karena bisa menimbulkan gangguan pada kulit seperti gatal-gatal. Selain itu, jangan terlalu kasar  saat membersihkan sisa kotoran di bagian pantat bayi karena bisa melukai kulitnya yang sensitif. Gunakan kasa basah dengan permukaan yang halus dan pastikan memakai popok dengan kain yang lembut dan menyerap keringat.

Menyusui Bayi

Ketika menyusui bayi, kamu juga harus memperhatikan kenyamanan kamu sendiri. Kalau kamu merasa nyaman ketika menyusui maka bayimu pun juga sama. Jangan terlalu banyak memberikan ASI karena kapasitas perutnya masih sangat kecil. Perlu diketahui, agar bayi bisa meneguk cairan susu dengan nyaman, maka jangan sampai membuatnya menangis dengan terlambat memberikan ASI karena jika bayi meneguk ASI sambil menangis, ini bisa membuat tenggorokannya sakit. Bayi menangis jika kamu terlambat memberikan ASI.

Jangan Terlalu Sering Menggoyang Bayi

Perawatan bayi baru lahir juga termasuk tentang bagaimana kamu memperlakukan tubuh mungilnya. Tak hanya kulitnya, organ dalam tubuh bayi yang baru lahir juga masih lemah dan belum berfungsi secara maksimal sehingga sebaiknya kamu tidak memberikan guncangan pada tubuhnya terlalu keras, misalnya mengayun-ayunkan di pangkuan karena hal ini cukup berbahaya. Tak hanya di pangkuan, ketika bayi sedang tidur di kasur pun sebaiknya kamu tidak terlalu heboh ketika menghiburnya.

Kehadiran bayi akan mengubah aktivitas sehari-hari menjadi lebih padat. Tentunya, hal ini akan berdampak pada kondisi fisik kita. Kita akan lebih mudah merasa lelah. Oleh sebab itu, penting juga bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup. Perlu diperhatikan juga bahwa perawatan bayi normal berbeda dengan perawatan bayi prematur. Bayi prematur memerlukan perawatan yang lebih eksklusif. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter mengenai apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan.

Ingin info COW STYLE lebih lanjut?

Terima Kasih sudah menghubungi COW STYLE, kami akan segera membalas pertanyaan anda

Selesai