Jenis Iritasi Kulit yang Umum Dialami Oleh Bayi

Kulit bayi yang sensitif mudah teriritasi. Tak heran jika kulit bayi rentan mengalami alergi atau gatal-gatal. Iritasi pada kulit bayi pun juga ada bermacam-macam. Penyebab dan cara mengatasinya juga berbeda. Oleh sebab itu, sebelum mencari tahu solusi untuk mengatasinya, sebaiknya kamu ketahui dahulu penyebabnya.

Berikut beberapa jenis iritasi kulit pada bayi yang umum terjadi.

Intertrigo

Intertrigo merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan dan biasanya kondisinya lebih parah di daerah lipatan kulit bayi. Intertrigo biasanya timbul di sekitar area leher. Iritasi kulit pada bayi yang satu ini akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada bayi jika jumlahnya semakin besar. Intertrigo sering dialami oleh bayi yang berusia di bawah enam bulan. Intertrigo muncul karena di area kulit tersebut tidak terkena udara sehingga kondisinya menjadi sangat lembap.

Seborrhea

Mungkin kamu pernah melihat kulit bayi yang terlalu kering sehingga timbul sisik di bagian tersebut. Kondisi tersebut merupakan gejala seborrhea. Seborrhea biasanya terjadi di bagian kulit kepala dan juga wajah saat kulit bayi mengalami pergantian. Jika pergantian ini terjadi lebih cepat daripada waktu normal, maka akan menimbulkan sisa-sisa kulit mati yang terlihat menyerupai sisik. Biasanya gangguan kulit yang satu ini dialami oleh bayi berusia di bawah enam bulan.

Eksim

Eksim juga merupakan salah bentuk iritasi kulit pada bayi baru lahir yang umum terjadi. Biasanya dialami oleh bayi berusia tiga hingga empat bulan. Bayi yang mengalami eksim kulitnya akan terasa gatal sehingga ia akan terus menggaruknya hingga kemerahan. Eksim bisa dipicu oleh kondisi kulit bayi yang sangat kering. Hal ini salah satunya disebabkan karena penggunaan sabun yang salah ketika memandikannya.

Untuk itu, pakai sabun yang lembut untuk kulitnya dan mampu membuatnya tetap lembap, seperti QP Baby Moist Foaming Body Soap Fragrance. Produk ini mengandung asam amino yang dapat mengurangi iritasi pada kulit bayi. Selain itu, busanya yang lembut dan halus akan membuat bayi nyaman saat mandi.

Biang Keringat

Satu lagi gangguan kulit pada bayi yang juga sering terjadi, yakni biang keringat. Biang keringat biasanya menyerang bayi di kala cuaca sedang panas sehingga membuatnya berkeringat. Area yang umumnya mengalami biang keringat adalah pangkal paha, leher, ketiak, dan area lipatan tubuh lainnya. Agar tidak memperparah kondisinya, pilih pakaian yang menyerap keringat untuk bayi, misalnya yang terbuat dari bahan katun.

Ruam Popok

Ruam popok terjadi jika area di sekitar pangkal paha kurang dijaga kebersihannya. Area tersebut jarang sekali terkena udara sehingga rentan mengalami lembap yang berlebihan. Ruam popok ditandai dengan kulit bayi yang kemerahan. Jika sudah parah, bukan hanya rasa gatal, tapi juga perih di kulit bayi. Obat iritasi kulit bayi yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan membawanya ke dokter dan dokter biasanya akan memberi salep khusus untuk meringankannya.

Agar kulit bayi terbebas dari iritasi kulit, kamu harus selalu menjaga kebersihan dan kelembapannya. Jangan biarkan kulit bayi terlalu kering ataupun terlalu lembap. Pastikan kamu juga memakai produk yang tepat untuknya agar tetap nyaman. Iritasi kulit pada anak sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat agar lekas sembuh.

Ingin info COW STYLE lebih lanjut?

Terima Kasih sudah menghubungi COW STYLE, kami akan segera membalas pertanyaan anda

Selesai