5 Penyebab Alergi Kulit yang Umum Terjadi

Pernahkah kamu mengalami gatal atau kemerahan pada kulit dan terasa gatal sehingga kamu ingin selalu menggaruknya? Kondisi ini disebut dengan alergi kulit. Alergi merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh kulit ketika kulit tidak mampu beradaptasi dengan bahan tertentu yang berasal dari luar tubuh. Alergi kulit adalah hal yang wajar dan gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Yuk, simak beberapa penyebab alergi kulit yang umum terjadi.

Thimerosal

Meskipun telah diklaim sebagai bahan yang berbahaya untuk kesehatan, namun masih ada beberapa produsen kosmetik yang memakainya sebagai pengawet. Contohnya bahan yang satu ini, thimerosal. Sebagai konsumen, kamu harus jeli melihat komposisi bahan karena zat ini termasuk turunan dari merkuri dan bisa menimbulkan efek jangka pendek seperti gatal dan iritasi. Selain sebagai pengawet, merkuri juga biasa digunakan sebagai bahan campuran antiseptik.

Neomisin Sulfat

Penyebab alergi kulit gatal yang selanjutnya adalah neomisin sulfat. Bahan yang satu ini biasa dijumpai pada krim anti luka yang digunakan sebagai antibiotik oles. Sayangnya, bahan ini justru bisa menyebabkan kulit gatal dan kasar pada beberapa orang. Tak hanya obat oles, neomisin sulfat juga terkadang ditemui pada produk kosmetik, deodoran, dan sabun. Jadi, teliti sebelum membeli, ya!

Pewangi Sintetis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pewangi pada produk tertentu bisa mengiritasi kulit. Produk yang biasanya mengandung pewangi ini adalah parfum, lotion, dan sabun. Maka, jangan heran jika terjadi kemerahan kulit dan terasa gatal setelah kamu memakai produk-produk di atas. Sabun dengan pewangi yang kuat bisa menjadi penyebab alergi kulit wajah. Untuk lotion wajah, kamu bisa memakai SkinLife Lotion yang sudah lulus uji “alergy test” sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

Emas

Emas ternyata juga bisa menjadi penyebab alergi pada kulit. Kalau kamu memakai gelang, cincin, atau anting-anting dan kulitmu mulai merasakan gatal dan panas, bisa jadi kamu alergi dengan bahan-bahan tersebut. Cara mengatasinya yakni dengan melepas semua itu. Atau kamu bisa mengonsultasikan hal ini pada penjual emas sehingga mereka akan memilihkan logam emas tertentu dengan campuran bahan yang lebih berkualitas.

Nikel

Selain emas, logam lain yang juga bisa menyebabkan alergi adalah nikel. Logam nikel ini sering ditemui pada kancing pakaian. Kalau kamu merasa telapak tanganmu gatal setelah mengancingkan pakaian, bisa jadi hal itu disebabkan karena kulit telah berkontak dengan logam kancing baju tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, rasa gatal ini akan hilang dengan sendirinya.

Sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir kalau mengalami alergi kulit karena pada umumnya, alergi ini akan hilang ketika kamu menghentikan pemakaian produk tersebut. Selain kosmetik, bahan tertentu seperti logam dan antibiotik juga bisa memicu reaksi gatal-gatal.

Ingin info COW STYLE lebih lanjut?

Terima Kasih sudah menghubungi COW STYLE, kami akan segera membalas pertanyaan anda

Selesai