4 Trik Perawatan Kulit Wajah untuk Mengatasi Minyak Berlebih

Kondisi kulit wajah berminyak disebabkan oleh terlalu aktifnya kelenjar sebaceous pada kulit, sehingga produksi sebum terlalu banyak dan membuat wajah kamu terlihat shiny. Jika tidak dilakukan perawatan kulit wajah yang benar, kulit berminyak bisa menyebabkan timbulnya jerawat hingga menyumbat pori-pori. Bahkan untuk kulit wajah yang sangat berminyak, paparan debu dan kotoran sedikit saja bisa menyebabkan munculnya komedo.

Nah, agar hal tersebut tak terjadi, yuk cari tahu cara perawatan kulit wajah berminyak di bawah ini!

Bersihkan Muka dengan Sabun yang Lembut

Setiap hari, kamu mungkin sudah cukup rajin mencuci wajah. Namun, apa kamu yakin kalau perawatan kulit wajah yang kamu lakukan sudah maksimal dalam mengangkat minyak dan kotoran? Kalau kamu tidak mencuci wajah sampai benar-benar bersih, minyak dan kotoran yang tertinggal bisa membuat kulit iritasi dan memicu produksi lebih banyak minyak.

Di sisi lain, perawatan kulit wajah secara berlebihan juga tidak disarankan karena bisa membuatnya jadi kering. Sebagai solusinya, kamu harus menggunakan sabun wajah yang teksturnya lembut agar mampu mengangkat minyak tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. SkinLiFE Foaming Facial Wash merupakan pilihan tepat karena busanya sangat halus dan ekstrak Pink Grapefruit-nya dapat mengangkat minyak berlebih dari wajah.

Hidrasi Kulit Wajah dengan Pelembap

Siapa bilang menghidrasi wajah hanya untuk perawatan kulit kering? Kulit wajah berminyak juga membutuhkan hidrasi yang cukup. Caranya yakni dengan menggunakan pelembap. Perawatan kulit ini penting dilakukan untuk menjaga lapisan luar kulit. Lapisan luar kulit bertugas menjauhkan hal-hal bersifat iritasi (seperti sinar UV dan bakteri) dari wajah, sekaligus tetap menjaga kelembapan lapisan dalam kulit. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan pelembap yang mengandung shea butter atau coconut oil karena dapat menyumbat pori-pori pada kulit wajah berminyak.

Rutin Eksfoliasi Seminggu Sekali

Produksi minyak berlebih pada wajah dapat memicu munculnya sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, menyebabkan timbulnya jerawat, blackhead, dan kulit kusam. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus memperbarui lapisan kulit, sebaiknya lakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali. Kalau mau, kamu bahkan juga bisa melakukan eksfoliasi sebagai perawatan kulit tubuh agar seluruh bagian bebas dari sel kulit mati. Pastikan saja kamu tidak terlalu keras menggosok kulit karena bisa menyebabkan iritasi.

Pakai Retinoid Saat Malam Hari

Retinoid adalah semacam produk vitamin A yang dapat mempercepat pergantian sel. Pada kulit wajah berminyak, retinoid mampu membentuk kembali lapisan pori-pori sehingga minyak dapat keluar secara lebih mudah, bukannya terhambat dan akhirnya menyebabkan jerawat atau komedo timbul. Tidak hanya itu, retinoid juga dikenal ampuh dalam perawatan kulit wajah untuk mencegah penuaan dini. Namun, karena penggunaan retinoid bisa membuat kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari, maka gunakan saat malam hari saja, ya.

Nah, itulah empat tips perawatan kulit untuk menangani wajah berminyak. Selain itu, bagi yang selalu menggunakan handuk untuk mengusap wajah dari air, usahakan untuk mengganti handuk sesering mungkin, minimal 2-3 hari sekali. Bakteri dan kotoran yang terkumpul bisa membuat handuk jadi kotor dan berefek buruk pada wajah.

Ingin info COW STYLE lebih lanjut?

Terima Kasih sudah menghubungi COW STYLE, kami akan segera membalas pertanyaan anda

Selesai