Cara Merawat Bayi agar Kulitnya Tetap Lembap

Cara Merawat Bayi agar Kulitnya Tetap Lembap - Ladies, menjaga kelembapan kulit tak hanya wajib dilakukan oleh kita sebagai wanita, tetapi juga bayi. Bayi juga harus dijaga kelembapan kulitnya agar tetap halus. Kulit yang kering pada bayi dapat membuatnya mengelupas dan memicu gatal-gatal. Namun perlu diketahui bahwa perawatan kulit bayi tidak semudah perawatan kulit orang dewasa. Bayi memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga kita harus berhati-hati dalam merawatnya termasuk memilih produk yang “ramah kulit”.

Berikut beberapa cara merawat kulit bayi agar tetap lembap, bersih, dan sehat.

Menggunakan Bedak Khusus Bayi

Bedak yang kamu gunakan untuk merawat bayimu setelah mandi juga bisa mempengaruhi kondisi kulitnya. Pilihlah bedak dengan bahan yang mampu menjaga kelembapan kulit bayi, karena selain berfungsi untuk membuat tubuh bayi tetap harum dan segar, penggunaan bedak bayi sebaiknya juga harus memperhatikan dampak terhadap kulit lembapnya.

Menggunakan Sabun yang Tepat

Sabun dapat mengikis kelembapan alami kulit bayi. Pilih sabun dengan pH yang sesuai. Jangan memilih sabun dengan pH yang terlalu tinggi karena bisa berdampak pada tekstur kulit bayi. Karena kulit bayi sangat sensitif, maka sebaiknya segera mengganti sabun bayi jika ternyata sabun tersebut membuat kulitnya kering dan bersisik. Sabun bayi yang terbuat dari susu dengan aroma lembut adalah pilihan tepat untuk kulitnya.

Menjaga Permukaan Kulit Tetap “Kering”

Kulit yang terlalu lembap juga bisa memicu biang keringat pada bayi. Untuk cara mengatasi biang keringat pada bayi, sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun untuk Si Kecil agar kulitnya tetap bisa bernapas. Biang keringat sering kali terjadi ketika cuaca sedang panas maka dari itu kamu harus membuatnya tetap merasa sejuk dan hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Kulit yang terlalu lembap ditambah dengan suhu udara tinggi akan memicu gangguan ini sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi.

Mengoleskan Lotion dengan Aroma Lembut

Air dan sabun bisa memicu kekeringan pada kulit bayi. Oleh sebab itu setelah mandi untuk menjaga kulitnya agar tetap lembap, oleskan lotion khusus bayi. Kamu bisa menggunakan QP Baby Lotion. Lotion ini mengandung squalane, zat alami yang diperlukan bayi agar kulitnya tetap lembap. QP Baby Lotion tak hanya bisa digunakan untuk kulit tubuh, tapi juga kulit wajah termasuk pipi karena area wajah bayi juga rawan mengalami kekeringan. Oleskan QP Baby Lotion setelah memandikan Si Kecil dan mengeringkannya dengan handuk lembut.

Menjaga Kebersihan Kulitnya

Selain kelembapan, kamu juga harus tahu cara merawat kulit bayi agar bersih dan putih ya, ladies, terutama kulit wajah. Misalnya ketika selesai makan atau minum ASI, biasanya terdapat sisa makanan atau susu di sekitar mulutnya. Ini bisa menimbulkan bau yang kurang sedap. Cara merawat kulit wajah bayi adalah dengan membersihkannya menggunakan lap basah lembut lalu oleskan baby lotion khusus untuk membuatnya tetap wangi, dan lembap.

Cara merawat bayi memang gampang-gampang susah. Karena setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk bayi mereka, maka jangan sembarangan dalam merawat ataupun memilih produk untuk kulit bayi.